5 Tips Kekinian Cara Membuat Anak Bunda Suka Membaca

Membayangkan memiliki anak yang gemar membaca adalah hal yang diinginkan setiap orang tua, bukan? Bunda pastinya juga sangat menginginkan si kecil punya hobi selain bermain: belajar! Tapi apakah mungkin minat membaca pada anak bisa langsung terjadi dalam hitungan hari?

Sebelum membuat anak suka pada bacaan, apakah trik yang bunda lakukan sudah benar? Sering kali anak-anak yang disuruh orang tua untuk membaca harus melewati drama terlebih dahulu. Drama ini seperti menggunakan tekanan pada suara sehingga sekalipun anak mau membaca itu bukan tebersit dari hatinya.....

Membuat anak suka membaca membutuhkan konsistensi ibu
Source: Pixabay/Jill Wellington

Menurut seorang profesor dari Lesley University, Nancyu Carlsson-Paige, jangan pernah membuat anak-anak membaca di bawah tekanan, tetapi jadikan aktivitas membaca sebagai suatu kegembiraan dan luar biasa. Kreativitas bunda pada sisi ini harus dikedepankan agar anak mau belajar menyukai bacaan.

Buku, apa pun itu, untuk anak haruslah menyenangkan. Buku harus bisa membuat si anak tertawa dan tersenyum. Juga membawa mereka ke negeri-negeri dongeng dan berimajinasi tentang hal apa pun yang ada di dunia ini.

Berikut ini, Caraibu.com jelaskan tips agar anak bunda suka membaca.

1. Membiasakan anak mendengarkan audiobooks

Jika anak bunda sulit untuk membaca atau tidak fokus ketika diminta untuk membaca, bukan berarti tidak ada jalan keluar untuk mengatasi hal tersebut. Dengan kata lain, masih ada cara untuk membuat si anak menyukai membaca.

Di era digital sekarang ini, sebenarnya bunda bisa menyiasati anak yang kurang suka membaca dengan memberikannya audiobooks. Dengan audiobooks, anak akan belajar dengan mendengarkan seseorang membaca buku dengan bagus, lancar, percaya diri, dan akurat.

Misalnya anak bunda hobi bermain game di smartphone, maka alihkanlah ia pada audiobooks. Misalnya, dalam perjalanan di mobil, si anak dapat diperdengarkan audiobooks. Lakukan hal ini sesering mungkin dan jika ada kesempatan.

Untuk mendapatkan audiobooks bunda bisa menggunakan aplikasi gratis seperti audible.com. Yang penting jangan meminta anak untuk membaca dengan nada marah ya, Bun. Tapi gunakan cara lain yang membuat anak tertarik untuk menyimaknya.

2. Budaya membaca di rumah

Meminta anak untuk rajin membaca tetapi kita sebagai orang tua malas membaca buku tidakkah bijak, Bun? Memang perkara membaca gampang-gampang susah dan sebagai orang tua kita juga dituntut terlebih dahulu mencintai buku!

Buku apa yang terakhir bunda baca? Kapan terakhir kali bunda membaca? Jenis buku apa yang bunda suka baca? Coba jawab dalam hati, Bun. Karena itu, anak tentu akan bertanya-tanya dalam hati—mungkin juga mengutarakan langsung—kenapa ia diwajibkan membaca buku, sedangkan orang tuanya tidak pernah sama sekali membaca buku di rumah.

Nah, di sinilah pentingnya membudayakan membaca buku, Bun. Anak yang hobi membaca tentu ditularkan dari orang tua yang gemar membaca pula. Alangkah lebih baiknya, setiap selesai membaca buku, bunda menceritakan isi dari buku tersebut kepada anak. Dengan demikian, anak jadi tahu bahwa membaca buku merupakan hal yang menarik…

3. Merealisasikan aktivitas yang diilhami dari buku

Poin ketiga ini cukup menarik, Bun. Buku yang dibaca anak dapat bunda realisasikan dalam kehidupan nyata. Artinya, jika si anak membaca buku tentang binatang gajah, misalnya, di hari yang lain bunda mengajak si kecil ke kebun binatang. Begitu pun jika si anak membaca tentang dunia luar angkasa, maka ajaklah ia ke planetarium.

Dengan begitu, aktivitas membaca bagi si anak adalah hal yang membahagiakan sekaligus menggembirakan. Bukan lagi sebagai kewajiban membaca agar mendapatkan ilmu pengetahuan saja, Bun...

4. Baca buku, lalu tonton filmnya!

Setelah selesai membaca buku tertentu, ajaklah anak untuk menonton filmnya, Bun. Cara ini juga sangat menarik agar anak tidak mengalami kebosanan hanya membaca saja.

Bunda bisa memilihkan film-film yang akan ditonton dan sediakan buku yang akan dibaca si kecil. Secara tidak langsung, anak juga akan menemukan kegembiraan dalam aktivitas membaca, Bun.

5. Baca kembali buku yang sama

Sejatinya buku dapat memajukan tahap pengembangan bahasa awal si kecil, Bun. Pada mulanya, anak-anak memperhatikan gambar, lalu belajar membalik halaman, dan kemudian mereka menyadari bahwa buku yang mereka pegang adalah cerita yang selalu sama.

Karena itu, pilihkanlah buku yang berima agar membantu kesadaran fonemik, mengenali pengualangan dan suara kepada si anak, Bun. Pasalnya, anak-anak paling suka pada sesuatu yang mengandung rima dan irama atau dengan kata lain terdengar seperti musik.

0 Response to "5 Tips Kekinian Cara Membuat Anak Bunda Suka Membaca"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel