4 Jenis Mainan Anak yang Sesuai untuk Usia 1 Tahun

Anak usia 1 tahun tentu berbeda keinginannya dari usia di bawahnya. Pada usia inilah, rasa ingin tahu si kecil semakin besar, Bun, dari hari ke hari. Keingintahuan ini merupakan dorongan alami yang muncul dari diri si anak, misalnya, meniru suara tertentu atau meniru apa yang mereka lihat di sekitarnya.

Balita bunda pada tahap usia 1 tahun ini semakin tumbuh dan berpikir kreatif. Ada saja polah dan tingkah laku yang berbeda ketika menginjak usia satu tahun, Bun. Di samping itu mereka juga semakin atraktif dan imajinasi mereka akan terus berkembang dari waktu ke waktu.

Pada fase ini, pertumbuhan fisik, mental, dan emosional mereka akan mendorong mereka ketika memilih mainan. Untuk itu, orang tua sebaiknya mengetahui secara tepat jenis dan fungsi mainan untuk usia satu tahun. Jangan sampai membelikan mainan untuk usia yang lebih tua karena harus mempertimbangkan tiga faktor yang telah disebutkan.

Jenis permainan untuk anak usia 1 tahun
Source: Hans/Pixabay

Lalu, permainan apa sajakah yang dapat dimainkan anak usia 1 tahun? Caraibu.com sudah merangkumnya dari situs web babylist.com mengenai tipe permainan yang sesuai berdasarkan umur 1 tahun, Bun.

1. Mainan yang memiliki warna-warna cerah

Memasuki usia 1 tahun, anak-anak kecil dapat membedakan warna-warna cerah lebih mudah ketimbang warna-warna yang lebih pudar atau pastel, Bun. Anak pun akan lebih menyukai permainan, misalnya, pesawat terbang yang berwarna merah atau mobil-mobilan yang berwarna terang.

2. Mainan yang mendorong koordinasi anak

Pada usia satu tahun ini, perkembangan motorik halus dan kasar harus terus dilatih ya, Bun. Ini adalah waktu yang tepat bagi anak untuk meningkatkan koordinasi motorik tersebut. Tipe mainan anak yang tepat, misalnya, permainan teka-teki, permainan susun-menyusun, atau permainan yang mendorong si anak jadi lebih tangkas dan dapat memecahkan masalah.

3. Mainan yang membuat anak bergerak

Tipe permainan ini lebih membuat si anak lincah bergerak, bisa didorong atau ditarik menggunakan tali. Jenis permainan ini sangat penting bagi usia tahu tahun yang mulai terbiasa berjalan, Bun. Sekaligus permainan ini akan membuat mereka jadi semakin sempurna dalam berjalan dan tentu saja menyenangkan!

4. Mainan yang memperkenalkan permainan paralel

Perlu bunda ketahui bahwa anak usia satu tahun belum dapat bermain bersama teman-temannya. Untuk itu, sebaiknya mereka melakukan permainan paralel. Maksudnya, si anak bermain sendiri dan berada di dekat balita lain, Bun.

Permainan paralel ini penting dilakukan si kecil, Bun. Pasalnya, fase usia 1 tahun adalah tahap perkembangan sosial bagi balita yang akan membantu mereka untuk mengenalkan dan mendorong mereka untuk bersentuhan secara sosial dengan teman-temannya.

Demikianlah jenis-jenis atau tipe permainan yang disarankan untuk usia 1 tahun, Bun.

0 Response to "4 Jenis Mainan Anak yang Sesuai untuk Usia 1 Tahun"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel