5 Makanan Sehat untuk Ibu Hamil agar Janin dan Bunda Sehat Selalu

Ibu hamil sudah tentu wajib menjaga pola makan yang sehat dalam masa kehamilan. Hal ini bisa dikatakan merupakan yang terpenting pada fase ini. Apalagi masa kehamilan merupakan saat ketika janin di dalam kandungan mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang sudah tentu membutuhkan vitamin, mineral, dan nutrisi.

Menurut situs healthline.com, ibu hamil membutuhkan sekitar 350-500 esktra kalori per hari selama trimester kedua dan ketiga. Karena itu, apabila ibu hamil mengalami kekurangan nutrisi dan kalori dapat menyebabkan perkembangan janin mengalami gangguan selama kehamilan.

Ibu sehat wajib mengonsumsi makanan yang sehat agar bayi dan dirinya sehat
Sumber gambar: PICNIC-Foto-Soest/Pixabay

Bunda juga harus mengubah pola kebiasaan makan, karena jika kebiasaan buruk terus berlangsung dapat mengakibatkan penambahan berat badan yang berujung pada peningkatan risiko negatif pada kehamilan/kelahiran serta diabetes gestasional. Dengan kata lain, bunda harus bisa memilah mana makanan yang baik dan bergizi untuk diri bunda sekaligus janin di dalam kandungan.

Berikut ini, Caraibu.com sajikan XX makanan yang sehat dan bergizi yang harus bunda konsumsi selama kehamilan.

1. Telur

Telur merupakan makanan yang menyehatkan dan mudah sekali didapatkan. Nutrisi yang terkandung pada telur juga baik untuk nutrisi ibu hamil, Bun.

Telur kira-kira mengandung 77 kalori, lemak, serta protein yang tinggi. Di samping itu, telur juga mengandung banyak mineral dan vitamin yang dibutuhkan tubuh.

Bun, telur juga mengandung kolin. Nah, kolin ini baik sekali untuk janin yang ada di kandungan karena dapat membantu otak berkembang dan menunjang kesehatan.

Berdasarkan penelitian, ibu hamil yang rendah mengonsumsi kolin dapat menyebabkan risiko pada fungsi otak janin, Bun. Dampak negatif lainnya dapat meningkatkan risiko catat tabung saraf.

2. Buah alpukat

Apakah bunda menyukai buah alpukat? Yup, buah ini juga sangat baik dikonsumsi ibu hamil loh karena banyak mengandung asam lemak tak jenuh tunggal, Bun.

Kandungan lainnya dari buah ini antara lain vitamin K, vitamin B (asam folat), tembaga, kalium, vitamin E dan vitamin C. Wow kaya akan vitamin dan mineral, Bun!

Para pakar kesehatan juga menyarankan buah alpukat ini bagi ibu hamil karena kandungan folat, lemak sehat, dan kalium yang tinggi, Bun.....

Misalnya, lemak sehat dalam alpukat ini dapat membantu perkembangan otak, jaringan pada janin, dan kulit bayi, Bun. Kemudian, kalium bagi ibu hamil dapat membantu meringankan kram pada kaki.

3. Daging tanpa lemak

Lean meats dapat diartikan sebagai daging tanpa lemak. Menurut situs diabetes.co.uk, daging tanpa lemak mengandung kandungan lemak yang relatif rendah. Misalnya, ayam tanpa kulit dan daging merah. Daging sapi dan ayam ini adalah salah satu sumber protein tinggi yang baik dikonsumsi ibu hamil, Bun.

Daging merah ini juga mengandung banyak kolin, zat besi, dan vitamin B yang sangat dibutuhkan dalam jumlah yang tinggi selama masa mengandung, Bun. Zat besi merupakan mineral yang penting bagi sel darah merah untuk mengantarkan oksigen ke sel-sel tubuh.

Nah, selama masa kehamilan ini, ibu hamil butuh lebih banyak zat besi lantaran volumenya meningkat lebih besar ketimbang tidak hamil, Bun. Kebutuhan zat besi ini harus terpenuhi terutama di trimester ketiga...

Kekurangan zat besi di masa trimester pertama dan pertengahan kehamilan dapat meningkatkan risiko  anemia, persalinan prematur, serta bobot bayi ringan setelah lahir. Itu sebabnya, ibu hamil wajib sekali secara teratur mengonsumsi daging merah, Bun.

4. Ikan salmon

Salah satu ikan yang penting dikonsumsi ibu hamil adalah ikan salmon, Bun. Ikan ini kaya akan kandungan asam lemak omega-3. Asam lemak omega-3 dari salmon ini merupakan rantai panjang dari EPA dan DHA.

Tapi ibu hamil tidak boleh terlalu sering mengonsumsi makanan laut dan disarankan dua kali saja selama satu minggu. Pasalnya, kadar merkuri dan kontaminan lainnya pada ikan berlemak harus dibatasi konsumsinya.

Tapi karena kekhawatiran pada kadar logam di ikan laut menyebabkan sebagian ibu hamil menghindari mengonsumsi makanan laut, sehingga asupan asam lemak omega-3-nya jadi terbatas.

Sebenarnya sudah banyak dilakukan penelitian bahwa ibu hamil yang makan 2-3 kali ikan berlemak per minggu akan terpenuhi asupan omega-3 serta meningkatkan kadar DHA dan EPA dalam darah, Bun.

Salmon juga adalah sumber vitamin D alami yang penting bagi proses di dalam tubuh, seperti meningkatkan kekebalan tubuh dan menyehatkan tulang.

5. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan juga sangat baik dikonsumsi ibu hamil, Bun. Yang termasuk kelompok kacang-kacangan adalah buncis, kedelai, lentil, kacang polong, dan kacang tanah.

Kacang-kacangan ini merupakan sumber nabati yang kaya akan serat, zat besi, protein, folat, dan kalsium, Bun. Nah, kesemuanya ini sangat dibutuhkan ibu hamil selama mengandung. Vitamin B atau folat ini penting pada masa trimester pertama kehamilan.

Pada kenyataannya, sebagian besar ibu hamil tidak mengonsumsi folat yang cukup. Lalu apa dampaknya bagi janin? Kekurangan folat dapat meningkatkan risiko cacat tabung saraf serta bobot kelahiran yang rendah pada bayi. Risiko buruk lainnya adalah si anak jadi lebih rentan pada infeksi dan penyakit di kemudian hari.

Kandungan vitamin dan mineral lainnya dari kacang-kacangan adalah magnesium, zat besi, dan kalium. Yuk, Bun, sediakan kacang-kacangan sebagai camilan yang sehat selama masa kehamilan.....

Demikianlah lima jenis makanan sehat yang dibutuhkan bagi ibu hamil. 

0 Response to "5 Makanan Sehat untuk Ibu Hamil agar Janin dan Bunda Sehat Selalu"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel